Friday 25 August 2017

3 Tips sederhana Mengatasi Layar Smartphone yang bermasalah


Pada saat ini Smartphone sudah menjadi suatu alat wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang. Banyak faktor dan alasan yang mempengaruhi mengapa setiap orang harus memiliki smartphone.

Entah itu karena memang tuntutan pekerjaan atau hanya karena gengsi semata. Maka tak jarang dari kita, banyak yang tidak bisa lepas dari benda yang satu ini, mau itu dari muda hingga yang tua sekalipun.

Namun Smartphone bukan hanya sekedar alat berkomunikasi saja, melainkan sudah berubah menjadi benda multitasking yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan seseorang.

Tapi, karena namanya juga barang elektronik pasti memiliki kendala yang sama dari waktu ke waktu. Salah satu kendala yang kerap muncul pada smartphone adalah layar sentuh (touchscreen) pada ponsel melemah atau kurang responsif terhadap sentuhan atau parahnya lagi adalah macet bahkan sampai hang.

Jika hal tersebut sedang Anda alami saat ini, saya akan memberikan sedikit cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut caranya :

1. Bersihkan RAM

Salah satu penyebab utama mengapa layar sentuh ponsel sering kali ngadat adalah RAM yang sudah terlalu penuh dan terbebani. Biasanya yang menyebabkan RAM penuh adalah jumlah apilkasi dan game terlalu banyak atau kapasitas RAM ponsel tersebut terlalu kecil.

Maka tindakan yang harus dilakukan adalah membebaskan RAM dari semua hal yang membebaninya. Hapus aplikasi atau game yang dirasa sudah kurang penting dan tidak dimainkan lagi, ada baiknya juga jika Anda menggunakan apilkasi pihak ketiga yaitu task manager untuk mengelola dan mematikan aplikasi yang sedang berjalan pada ponsel.

2. Restart Perangkat

Cara selanjutnya yaitu dengan Restart ponsel, cara ini dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan. Selain dapat mengatasi masalah pada gadget Android, ternyata pada Windows dan iOS juga cara ini dapat bekerja. Restart juga merupakan jurus terakhir dalam mengatasi layar ponsel yang tidak mau bergerak atau macet.

3. Gunakan Kalibrasi

Cara ini ditujukan agar dapat menyesuaikan layar sentuh pada ponsel dengan sentuhan yang disediakan oleh developer sang perangkat.

Karena berhubung setiap sistem pasti mempunyai langkah tersendiri dalam melakukan kalibrasi, bagi Anda pengguna setia Android dapat menemukan fitur kalibrasi ini pada menu pengaturan.

Nah, jika layar smartphone anda merasa bermasalah atau mengalami suatu gangguan. Cara diatas merupakan salah satu solusi terbaik dalam mengatasinya.
Previous Post
Next Post

Ditulis Oleh:

Seorang pelajar yang gemar menggeluti bidang IT dan ilmu kimia, yang memiliki cita-cita menjadi seorang kimiawan.

0 komentar: