Saturday 28 January 2017

Penjelasan lengkap google adsense

Apa itu google adsense?

Mungkin bagi para blogger atau para pemilik web tidak asing dengan kata google adsense, namun tidak bisa di pungkiri juga ada ada diantara blogger yang belum mengetahui apa sih google adsense ini atau yang biasa disebut GA. untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Google adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog pribadi yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.


Sejarah google adsense

Google adsense merupakan program periklanan milik Google yang memungkinkan setiap penerbitnya untuk menampilkan iklan teks otomatis, video, gambar, serta iklan media interaktif  di sebuah Web/Blog dengan konten tertarget yang sesuai dengan  persyaratan dan kebijakan Google. Program ini pertama kali diluncurkan pada 18 juni 2003 yang sebelumnya memiliki nama awal applied semantic. Applied Semantic sendiri memiliki teknologi pendukung Adsense sehingga membuat Google tertarik untuk mengakusisinya.

Pada awalnya program ini memiliki unit iklan konten Adsense yang hanya mendukung beberapa bahasa saja, termasuk salah satunya bahasa Inggris. Dan pada waktu itu satu-satunya negara Asia tenggara yang mendapat kesempatan untuk langsung mencicipi program ini adalah negara Thailand. Namun setelah beberapa tahun kemudian, negara Indonesia pun secara resmi mendapatkan dukungan untuk unit iklan konten Adsense yang sebelumnya hanya Adsense for search.

Dalam google adsense sendiri terdapat beberapa istilah seperti unit iklan konten Adsense ( Adsense for Content ). Ini merupakan iklan Adsense yang terpasang dalam suatu laman Web/Blog, memiliki hubungan atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Contohnya, ketika anda memiliki sebuah blog dengan laman yang mengandung artikel tentang asuransi, maka iklan yang terpasang akan sesuai dengan itu. Yang termasuk dalam jenis iklan Adsense for Content adalah Ads unit dan Link unit. Ketika pengunjung mengklik iklan-iklan tersebut tanpa terjadi penjualan sekalipun, maka pemasang iklan atau di kenal dengan publisher akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC yang berlaku.
Previous Post
Next Post

Ditulis Oleh:

Seorang pelajar yang gemar menggeluti bidang IT dan ilmu kimia, yang memiliki cita-cita menjadi seorang kimiawan.

1 comment:

  1. Memang betul. dulu yang bisa menikmati Google Adsense cuma blog yang berbahasa ingris. Tapi kini setiap negara bisa menikmatinya.

    ReplyDelete